ISO 9001 – Properti Pelanggan

ISO 9001 - Properti Pelanggan

ISO 9001 - Properti Pelanggan

Dalam klausul . . dari standar ISO kita menemukan persyaratan untuk kontrol milik pelanggan. Sebagaimana ditetapkan dalam ayat ini sebuah organisasi diperlukan untuk merumuskan tindakan untuk kontrol milik pelanggan sementara itu berada di bawah kendali organisasi atau digunakan oleh organisasi. Klausul ini juga membahas tanggung jawab organisasi untuk mengidentifikasi memverifikasi melindungi dan menjaga milik pelanggan serta pelaporan kepada pelanggan masalah atau isu yang diidentifikasi.

Apa Properti Pelanggan

Milik pelanggan adalah setiap properti yang dimiliki atau disediakan oleh pelanggan. Dalam istilah sederhana milik pelanggan dapat dianggap sesuatu yang bukan milik Anda yang telah diberikan oleh pelanggan untuk Anda gunakan. Produk tersebut dapat dimiliki secara langsung oleh operator atau dimiliki oleh pihak lain yang berkepentingan.

Contoh milik pelanggan dapat ditemukan di ISO yang mencakup hal-hal berikut

  • Bahan atau komponen yang disediakan untuk dimasukkan dalam produk
  • Produk

  • disediakan untuk perbaikan pemeliharaan atau upgrade
  • Kemasan bahan yang disediakan langsung oleh pelanggan
  • Bahan

  • ditangani oleh organisasi layanan seperti penyimpanan
  • Layanan disediakan atas nama pelanggan seperti transportasi produk konsumen kepada pihak ketiga dan
  • Kekayaan intelektual seperti spesifikasi gambar dan informasi eksklusif.

Kutipan dari ISO Sistem manajemen mutu – Panduan untuk perbaikan kinerja

Dari bimbingan di atas maka kami dapat mempertimbangkan semacam ini properti untuk menyertakan bahan-bahan suku cadang komponen dll yang disediakan oleh pelanggan untuk dimasukkan ke dalam produk organisasi. Kami juga dapat mencakup properti yang digunakan oleh organisasi seperti pelanggan-menyediakan peralatan alat-alat perangkat keras dan perangkat lunak.

Kekayaan intelektual juga dapat jatuh di bawah persyaratan ini jika pengembalian yang diperlukan setelah selesainya proyek. Jika diberikan secara bebas namun misalnya informasi publik itu tidak akan jatuh di bawah persyaratan ini.

Mengidentifikasi Pelanggan Properti

Identifikasi milik pelanggan adalah bagian penting dari tidak hanya mengidentifikasi kepemilikan tetapi juga merupakan langkah penting dalam mencegah penggunaan yang tidak sah atau pelepasannya sengaja. Identifikasi harus dalam metode yang tepat untuk organisasi produk pengolahan harus dilakukan persyaratan penggunaan dan / atau instruksi pelanggan tertentu. Metode identifikasi mungkin termasuk label tag kontainer tanda fisik atau metode lain yang sesuai.

Memverifikasi Pelanggan Properti

Verifikasi milik pelanggan yang dimiliki harus dilakukan untuk menetapkan kondisi milik pelanggan yang disediakan termasuk kesesuaian dengan semua persyaratan yang ditentukan. Pemeriksaan ini dapat mencakup verifikasi kuantitas kondisi fisik dan karakteristik lainnya serta identifikasi atau pengukuran kimia fisik atau properti lainnya. Biasanya proses verifikasi ini akan dilakukan setelah menerima dan biasanya dilakukan dengan cara yang sesuai dengan proses organisasi yang didirikan untuk verifikasi produk yang dibeli.

Rekaman kegiatan verifikasi tersebut harus dipelihara sesuai dengan prosedur pengendalian organisasi rekor dan pemberitahuan yang dibuat kepada pelanggan dalam hal produk tidak sesuai diidentifikasi lihat di bawah .

Melindungi Pelanggan Properti

Sementara di bawah kendali organisasi langkah yang tepat perlu dibentuk untuk melindungi produk konsumen dari kerugian kerusakan dan / atau degradasi. Biasanya langkah-langkah tersebut akan mengikuti proses organisasi untuk perlindungan hak milik sendiri dengan persyaratan pelanggan tambahan yang mungkin berlaku standar internasional juga tersedia untuk mengatasi masalah ini . Sebagai bagian dari langkah-langkah tersebut jadwal untuk penilaian berkala harus ditetapkan untuk properti yang dipertahankan untuk waktu yang lama. Interval spesifik dari penilaian ini dan metode evaluasi s yang digunakan harus didasarkan pada jenis produk tertentu dan berbagai faktor lainnya termasuk kehidupan rak-produk lingkungan penyimpanan instruksi pelanggan tertentu dll

Mempertahankan Pelanggan Properti

Dalam kasus di mana perawatan mungkin diperlukan misalnya perlengkapan peralatan dan / atau perangkat keras organisasi harus sebelum penerimaan milik pelanggan memastikan bahwa ada kesepakatan yang jelas dan definisi tanggung jawab dengan baik mengenai pemeliharaan terus-menerus dan perbaikan. Syarat dan ketentuan tertentu harus ditetapkan antara pelanggan dan organisasi untuk mengatasi jenis dan jadwal pemeliharaan yang diperlukan termasuk siapa yang akan bertanggung jawab untuk pemeliharaan tersebut serta menetapkan pedoman untuk mengatasi peristiwa luar biasa seperti perbaikan karena kegagalan peralatan.

Seperti pemeliharaan dan perbaikan kegiatan yang dilakukan oleh organisasi pada peralatan sendiri catatan harus dipelihara sesuai dengan prosedur pengendalian organisasi rekor.

Pelaporan Masalah

Persyaratan yang ditetapkan dalam . . tidak hanya menangani kontrol milik pelanggan tetapi juga pemberitahuan kepada pelanggan jika ada masalah diidentifikasi. Setiap masalah atau isu seperti kehilangan kerusakan atau kegagalan mengenai properti tersebut harus segera dilaporkan kembali kepada pemilik sesuai dengan prosedur organisasi untuk mengontrol produk yang tidak sesuai sebagaimana telah diubah dengan instruksi pelanggan tertentu. Karena ini adalah milik pelanggan kegiatan pengolahan selanjutnya harus ditunda sampai disposisi oleh pelanggan telah terjadi.

Rekaman produk yang tidak sesuai tersebut harus dipelihara sesuai dengan kontrol catatan organisasi prosedur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: